Beritajurnal.id

Rayakan Lebaran, PT KAI (Persero) Pemesanan Tiket Telah Buka Untuk Calon Penumpang


MADIUN, beritajurnal.id - Kabar gembira bagi masyarakat di Madiun Raya, bahwa PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi (Daop) 7 Madiun telah membuka penjualan tiket Kereta Api (KA) Lebaran 2025, sejak Selasa, 4 Februari 2025.

Sesuai kebijakan KAI, pemesanan tiket dapat dilakukan mulai H-45 sebelum tanggal keberangkatan. Hingga hari ini, Rabu, 19 Februari 2025, sedangkan tiket untuk keberangkatan H+4 Lebaran atau Sabtu, 5 April 2025, sudah dapat dipesan.

Manager Humas Daop 7 Madiun, Rokhmad Makin Zainul, mengatakan calon pemudik dapat melakukan pemesanan tiket KA Lebaran 2025 melalui aplikasi Access by KAI, Call Center 121, serta mitra resmi yang bekerja sama dengan KAI.

"Kami kembali mengingatkan bahwa penjualan tiket kereta api untuk Lebaran 2025 dibuka setiap hari mulai pukul 00.00 WIB untuk keberangkatan H-45," ujar Manager Humas Daop 7 Madiun, Rokhmad Makin Zainul, Rabu (19/2/2025).

Menurut Zainul, berdasarkan data ketersediaan tiket masa Angkutan Lebaran 2025 untuk perjalanan dari Daop 7 Madiun masih cukup tersedia untuk KA dengan keberangkatan awal dari stasiun di wilayah Daop 7 Madiun.

"Dari total 69.088 yang disediakan saat ini masih tersedia sekitar 45.377 tempat duduk (TD)," jelasnya.

Lebih lanjut, Manager Humas Daop 7 Madiun mengungkapkan, khusus untuk KA Kahuripan (KA 273) dengan rute keberangkatan dari Stasiun Blitar menuju Kiaracondong, tingkat pemesanan telah mencapai 91 persen.

"Dari total 16.324 TD yang disediakan, sebanyak 11.779 TD telah terjual," ungkapnya.

Sementara, untuk calon penumpang yang kehabisan tiket pada tanggal yang diinginkan, KAI mengimbau agar memanfaatkan fitur Connecting Train di aplikasi Access by KAI, sebuah alternatif perjalanan dengan kombinasi kereta api berbeda jika tiket langsung sudah habis terjual.

PT KAI (Persero) menghimbau masyarakat atau calon penumpang KA agar membeli tiket hanya melalui kanal resmi dan menghindari pihak-pihak yang membebankan biaya tambahan yang tidak wajar atau melalui calo.

"Kami mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati terhadap oknum yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momen penjualan tiket Lebaran. Segera rencanakan perjalanan dan pesan tiket melalui kanal resmi KAI," ujar Zainul.

"Jangan lupa untuk selalu memeriksa jadwal keberangkatan agar sesuai dengan jadwal terbaru dalam Gapeka 2025 yang telah berlaku sejak 1 Februari 2025. Pastikan tanggal keberangkatan, nama, nomor identitas, serta rute perjalanan sudah benar agar perjalanan Lebaran semakin nyaman dan berkesan," pungkasnya.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan KA, masyarakat dapat menghubungi Customer Service di stasiun atau Contact Center KAI melalui saluran :
☎️ Telepon : 121
📱 WhatsApp : 08111-2111-121
📧 Email : cs@kai.id
📲 Media Sosial : @KAI121
Lebih baru Lebih lama